5 Kebiasaan yang Membuat FlashDisk Cepat Rusak

Oct 08

5 Aplikasi Chat yang Harusnya NGGAK Dipasang di HP Android

Saat ini, HP Android jadi gadget paling populer di dunia. Hampir semua orang punya, terutama di Indonesia. Buktinya, kamu yang lagi baca artikel ini juga punya HP Android, kan? Di dalamnya, pasti banyak aplikasi buat chatting. Tapi yakin semuanya berguna buat kamu? Inilah 5 aplikasi chat yang harusnya nggak dipasang di HP Android kamu.

Di antara aplikasi-aplikasi berikut, pasti ada minimal satu, atau mungkin semuanya yang kamu pasang di HP Android kamu. Tapi sadar atau tidak, ada juga aplikasi yang nggak kamu butuhin, atau bahkan mengganggu dan merugikan kamu. Kita bahas satu-satu ya!

1. Talk

Aplikasi chat dari Path ini kayaknya nggak begitu populer, ya? Sifatnya pribadi banget, kayak Path. Jadi kamu cuma bisa chatting sama teman Path kamu yang udah download aplikasi Talk juga. Di aplikasi ini ada fitur Smart Status yang bisa mantau teman Path kamu lagi ada di mana, lagi dengerin lagu, baca buku, atau nonton film apa, terus baterainya tinggal berapa persen. Buat apa coba? Kan kamu bisa mantau di Path-nya langsung.

Terus yang lebih aneh lagi, chat history kamu akan terhapus secara otomatis dalam 7 hari. Katanya sih, karena mereka serius dalam menjaga rahasia kamu. Aplikasi chat kayak gini kayaknya nggak terlalu kamu butuhin.

2. BBM

BlackBerry Messenger atau yang biasa kita kenal dengan sebutan BBM merupakan aplikasi chat yang sangat populer. Bahkan banyak orang rela membeli perangkat smartphone BlackBerry yang harganya cukup mahal hanya untuk menikmati aplikasi chat BBM. Identitas akun seorang pengguna BBM ditampilkan dalam bentuk PIN yang susah diingat. BBM juga menyediakan fitur group chat yang rame banget notification-nya. Walaupun bisa kamu matiin juga, sih.

Terus, karena kita bisa update status di BBM, kebayang kan gimana banyaknya curhatan teman-teman kamu? Di antara status BBM teman kamu, terselip juga iklan produk dan aplikasi. Informatif sih, tapi kadang ganggu juga. Sejak muncul aplikasi Android-nya, semakin banyak aja orang yang pakai BBM. Tapi kayaknya nggak banyak perubahan. Terakhir mereka cuma bikin tampilan material design biar pas dipakai di Android Lollipop.

3. WhatsApp

Aplikasi chat ini kayaknya hampir ada di semua HP Android. Udah kayak aplikasi wajib yang nggak afdol kalo nggak terpasang. Tapi, banyak sisi kelam juga dari WhatsApp yang kamu nggak tahu.

Kamu dan teman-teman kamu di suatu grup pasti sering banget nge-share berbagai macam gambar dan video dari yang bener sampe yang aneh-aneh. Tanpa kamu sadari, semua gambar dan video itu bikin SD Card kamu penuh. Apalagi kalau kamu pakai SD Card yang cuma 512 MB. Terus, semua orang bisa menghubungi kamu lewat WhatsApp asalkan mereka punya nomer telepon kamu. Jadi nggak ekslusif lagi, deh.

4. LINE

Hal yang paling mengganggu dari aplikasi ini adalah notifikasi game dari teman kamu. Iya sih enak kalau kamu main game yang sama, kamu bisa dapet banyak item gratis. Tapi biarpun kamu nggak main, atau pernah main tapi dihapus lagi, teman-teman kamu akan tetap mengirimkan berbagai item game yang pasti masuk ke notifikasi chat juga. Kamu akan ngerasain dalam sehari dapat puluhan, bahkan ratusan chat dari teman-teman kamu, tapi nggak ada satu pun yang ngajak kamu ngobrol. Apalagi kalau kamu udah senang dapet notif chat dari gebetan, eh ternyata cuma undangan Let's Get Rich. Sedih kan?

LINE juga menyediakan banyak stiker untuk chat. Tapi yang keren-keren, lucu-lucu, atau tokoh favorit kamu pasti stikernya berbayar. Kamu rela ngeluarin duit cuma demi stiker? Atau kamu bisa sih dapetin gratis, tapi butuh usaha ekstra. Aplikasi ini juga ukurannya besar dan membutuhkan banyak memori, jadi nggak perlu dipasang di HP Android kamu.

5. Facebook Messenger

Kamu pasti punya Facebook, kan? Punya banyak teman, kan? Aplikasi Messenger mempermudah kamu mengobrol teman-teman Facebook kamu. Tapi yang jadi pertanyaan adalah, apakah kamu masih sering chat lewat Facebook? Terus teman-teman kamu juga, apakah masih ada yang chatting di Facebook? Kayaknya makin ke sini makin jarang deh.

Lagipula ukurannya gede banget untuk sebuah aplikasi chat yang fiturnya nggak terlalu banyak. Jadi kalo mau chat lewat Facebook, di browser juga bisa kok. Tapi kalau memang ternyata intensitas chat kamu di Facebook cukup tinggi, misalnya kamu punya online shop.

Dari semua aplikasi chatting populer di atas, ternyata nggak semua kamu butuhin, kan? Buat apa kamu punya banyak aplikasi chat kalau teman yang kamu ajak ngobrol dia-dia juga? Buat apa kamu punya grup di WhatsApp, grup di BBM, grup di LINE, kalo anggotanya orang-orang yang sama? Emangnya pembicaraan grup kamu di LINE sama di BBM akan beda dengan obrolan di WhatsApp? Sama aja kan? Bagaimana pendapat kamu?